Saturday, July 9, 2011

9 Penembak Jitu Hebat yang Tercatat dalam Sejarah



Berikut ini adalah sejumlah nama-nama penembak jitu yang menjadi legenda dari masa ke masa yang sangat ditakuti dan bahkan mampu mengubah sebuah sejarah.

1. Pembunuh Mayjend John Sedgwick pada Perang Sipil di AS

Pertempuran paling berdarah di AS ini ternyata melahirkan sebuah sejarah sniper dunia, ketika seorang Jenderal karismatik dari Utara yang bernama John Sedgwick tewas ditembus timah panas oleh seorang pasukan Konfederasi dari jarak yang sangat jauh pada waktu itu yaitu, sekitar 1,000 yards (910 m) dalam sebuah pertempuran yang disebut Battle of Spotsylvania Court House, Pada 9 Mei 1864.


2. Pembunuh Jenderal Johan Harmen Rudolf Köhler Pada Masa Perang Aceh I

Perang Aceh I yang dipimpin oleh Jenderal Kohler sebenarnya cukup sukses dengan berhasil mencaplok Mesjid kebanggaan rakyat Aceh, yaitu Masjid Raya Baiturrahman. Namun pada tanggal 14 April 1873 ketika sang jenderal sedang menginspeksi di areal mesjid tersebut, tiba-tiba seorang penembak bangsa Aceh dalam posisi merunduk melepaskan tembakan dari jarak 100 meter dan mengenai jantung sang jenderal.

Beberapa saat kemudian sang jenderal itu tewas. Peristiwa tersebut tentu mengejutkan para pasukan kompeni ini dan akhirnya sang pahlawan si pembunuh jenderal itu gugur diberondong peluru oleh pasukan kompeni.

3. Simo Häyä

Mungkin inilah sniper yang paling terkenal di dunia karena membukukan rekor kill hit yang paling tinggi, yaitu membunuh lebih dari 500 pasukan Rusia dalam periode Winter War tahun 1939-1940. Julukan bagi si Simo Häyä ini adalah “White Dead” karena tentara Finlandia ini selalu menggunakan baju berwarna putih sebagai kamuflase karena medan pertempurannya di area bersalju. Yang sungguh luar biasa adalah Simo Häyä hanya menggunakan senjata bold action standar tanpa menggunakan teleskop, cukup dengan iron sight ato pisir besi biasa!

Bagi Simo, penggunaan teleskop pada area bersalju justru akan merugikan karena akan memantulkan cahaya dan persembunyian si sniper akan mudah diketahui.

4. Lyudmila Pavlichenko

Kalo soal emansipasi wanita, AS harusnya banyak belajar dari seteru abadinya, Rusia. Ketika wanita AS masih berkutat pada hal-hal dapur dan sejenisnya, wanita Rusia sudah punya pahlawan. Lyudmila Pavlichenko adalah salah satu dari sekian tentara merah wanita Rusia yang bertempur pada era perang dunia kedua. Yang membuat dia sangat luar biasa adalah kemampuan menembaknya sangat luar biasa, dimana pada masa itu Lyudmila membukukan kill hit sebanyak 309 jiwa, termasuk 36 sniper musuh! Namun sayang, dia terkena serangan mortar dan harus ditarik dari medan pertempuran.

Pada masa pemulihan luka itu, Lyudmila berkunjung ke negara AS dan Kanada dalam rangka propaganda Uni Soviet. Dia pun bertemu dengan Franklin D. Roosevelt di White House dan menjadi warga Rusia yang pertama kali bertemu presiden AS di White House.

Setelah sembuh pun Lyudmila tidak diterjunkan di medan pertempuran lagi, hanya dijadikan instruktur untuk sekolah sniper, hingga perang usai. Ia dianugrahi medali Gold Star of the Hero of the Soviet Union dan wajahnya dijadikan stampel prangko.

5. Vasily Zaytsev

Pernah nonton film yang dibintangi oleh Jude Law yang berjudul ‘Enemy At The Gates’? Film ini mengangkat kisah seorang Sniper Top pasukan Uni Soviet yang bernama Vasily Zaytsev. Vasily dianggap sebagai sniper paling berbahaya bukan karena jumlah kill hit (149 kills, 400 yang belum bisa dikonfirmasi), tapi karena duel mautnya dengan sniper top dari Jerman, yaitu Heinz Thorvald. Duel antar sniper ini kerap kali terjadi di Stalingrad, dimana para sniper ini kerap harus berpindah tempat dari puing satu ke puing yang lain dan kadang harus menggali agar tidak diketahui musuh, yang sangat dikenal dengan sebutan perang tikus (War of the Rats).


Kisah kejayaan Vasily yang dipropagandakan Rusia tentu memaksa Jerman mengirimkan sniper terbaiknya, Heinz Thorvald, untuk menghabisi Vasily. Jerman pun membalas propaganda tersebut dengan propaganda serupa, maka tersiarlah kabar bakal ada pertarungan antar dua sniper tangguh. Mereka pun akhirnya bertemu dan bertempur yang akhirnya dimenangkan oleh Vasily.

6. Francis Pegahmagabow

Pegahmagabow adalah salah satu sniper hebat yang dimiliki oleh Kanada. Pada perang dunia 1, Pegahmagabow yang keturunan aborigin ini mencatatkan kill hit sebanyak 378 kills dan dianggap sebagai salah satu sniper yang paling berbahaya pada masa perang dunia 1.

7. Chuck Mawhinney

Pada perang Vietnam, ada dua nama sniper AS yang sangat terkenal, yaitu Carlos Hathcock dan Chuck Mawhinney. Nama Chuck mungkin tidak seterkenal Carlos Hathcock yang mampu membunuh seorang jenderal Vietnam Utara, tapi bila dilihat dari jumlah kill hit yang dikumpulkan Hathcock harus angkat topi kepada Mawhinney dengan membukukan rekor 103 kills, sedangkan Hathcock hanya membukukan 93 kills.

Namun demikian, si Mawhinney tidak ingin terlalu mengekspose hal tersebut dan lebih memilih hidup tenang dan melupkan semua kenangan tentang Vietnam.


8. Carlos Hathcock

Kehebatan dan bakat alamnya sangat mengagumkan. Biasanya bila seorang sniper selalu ditemani oleh satu orang spotter yang bertugas sebagai asisten dan pengukur jarak tembak bagi sniper. Namun Hathcock mampu bekerja sendirian ketika mendapat tugas untuk membunuh seorang jenderal Vietnam Utara sendirian di sarang musuh!

Selain itu, Hathcock mempelopori penggunaan senapan kaliber 0.5 inchi sebagai senjata sniper jarak jauh. Yaitu dengan memodifikasi .50-caliber M2 Browning Machine Gun sebagai senjata sniper dengan menempatkan teleskop di atasnya, dan memecahkan rekor menembak mati seorang vietkong sejauh 2.500 yards ato sekitar 2.275 meter!

Dari sinilah muncul pemikiran untuk melahirkan senapan kelas berat (heavy sniper rifle) untuk jarak yang sangat jauh maupun untuk menembak obyek berat seperti ranpur (kendaraan tempur). Jadi bisa dikatakan nama Hathcock sangat melegenda diantara para sniper dunia.


9. Rob Furlong

Berpuluh-puluh tahun rekor menembak jauh Hathcock tidak tergoyahkan, akhirnya rekor lama ini dipecahkan oleh seorang Sniper dari Kanada, Rob Furlong, ketika dia dan bersama rekannya di medan ganas Afghanistan pada operasi berjuluk Anaconda pada tahun 2000.



Share This
Subscribe Here

67 comments:

pengobatan kanker hati on July 11, 2011 at 5:31 AM said...

keren keren nih 9 penembak yang jitu dan hebat,,,

Pustaka Sinar Harapan on July 12, 2011 at 2:07 AM said...

wow..
keren banget nih..

oba herbal kanker usus on July 13, 2011 at 12:13 AM said...

penembak jitu dari indonesia mana nih??

obat herbal keputihan on July 13, 2011 at 12:15 AM said...

kapan yah indonesia punya sneper jitu yang bisa tercatat dalam sejarah....?

agen xamthone plus tangerang on July 13, 2011 at 8:51 PM said...

wahh hebat nih., ada penembak wanitanya pula :)

Jasa SEO on July 13, 2011 at 11:46 PM said...

mantap gan,,saya nonton enemy at the gates 3x hihihihi..

Obat Tradisional Kurang Darah Anemia on July 15, 2011 at 8:18 PM said...

mantap,... coba indonesia bisa meniru dap mencatat rekor penembak jitu dalam sejarah ,..

xamthone plus on July 15, 2011 at 8:25 PM said...

Lyudmila Pavlichenko keren banget..
walau pun dia perempuan tapi bisa jadi pahlawan dengan kemampuan menebak yg luar bisa,,

obat herbal xamthone on July 18, 2011 at 12:02 AM said...

wah..keren..tapi yang paling keren itu Lyudmila Pavlichenko..karna seorang perempuan....

agen xamthone plus jambi on July 18, 2011 at 11:54 PM said...

wah hebat bgt ya tercatat dalam sejarah lagi,,

langsing sehat on July 19, 2011 at 12:26 AM said...

hmm, para snipper yang handal tuch . .

wedding souvenir on July 19, 2011 at 7:39 PM said...

wah pengen bgt jadi penembak Jitu...bisa gak ya...
salam kenal y kawan makasih Info nya...

jelly gamat gold-g on July 21, 2011 at 12:34 AM said...

hebattt yaa.. sekali dor pasti langsung mati..

jus kulit manggis berkhasiat on July 21, 2011 at 12:38 AM said...

emansipasi..
hebatt ,, wanita juga masuk nominasi. terjitu dan tercatat sejarah lagii

agen jelly gamat bandung on July 21, 2011 at 12:44 AM said...

nambah ilmu nih,,,

jelly gamat bandung on July 21, 2011 at 12:44 AM said...

keren juga,,,,,,

agen xamthone plus depok on July 21, 2011 at 8:09 PM said...

aduh salut sama wanita tuh....

agen xamthone plus acep suherman on July 25, 2011 at 12:35 AM said...

hebat bgt ,,
cwe macoo !! :)

agen xamthone plus medan on July 25, 2011 at 12:36 AM said...

orang indonesianya mana nih?? hehe

cara mengatasi maag kronis on July 26, 2011 at 9:02 PM said...

bener bener penembak yang handal nih,,,keren abis deh,,

cara menurunkan kolesterol tinggi on July 26, 2011 at 9:10 PM said...

wah ternyata ada wanitanya juga,,hebat nih wanita bisa jadi penembak yang jitu,,

obat susah tidur on July 26, 2011 at 9:11 PM said...

mantap nih,,salut sama mereka,,terutama yang perempuannya,,

Kumpulan SMS Selamat Berbuka Puasa on July 27, 2011 at 2:54 AM said...

hebat bener ya si Simo Häyä. tapi 9 orang diatas memang bener2 hebat. semoga aja ada anggota TNI ato Polri yang bisa meniru jejak mereka untuk membanggakan nama Indonesia di dunia Internasional

Berita Terbaru Online Seminar Video on Demand on July 29, 2011 at 12:49 AM said...

Mana yang dari Indonesia ya? Kan Indonesia juga punya banyak sniper tangguh heheehehe

obat herbal insomnia on August 3, 2011 at 12:15 AM said...

keren-keren nih penembak nya tapi ada satu yang ga keren yaitu Lyudmila Pavlichenko karena perempuan sendirian.

obat herbal penyakit jantung on August 3, 2011 at 12:29 AM said...

ko ga ada orang indonesia nya yah...?

obat herbal kanker kelenjar getah bening on August 3, 2011 at 12:51 AM said...

semoga indonesia bisa juga menghasilkan penembak yang jitu dan bisa tercatat dalam sejarah.

OBAT ALTERNATIF KANKER PAYUDARA on August 22, 2011 at 7:59 PM said...

ada orang id juga, tuh kan nembak di aceh, nomor 2

obat herbal bandung on September 16, 2011 at 12:37 AM said...

wow, keren sekali .. para sniper..nya. hebat-hebat euy.

obat alami asam urat on September 19, 2011 at 7:45 PM said...

mantap,,,mereka semua orang'' hebat dan keren
hehe

obat tradisional kanker serviks on September 23, 2011 at 9:12 PM said...

orang-orang yg hebat,,hehehe

Obat Alami Maag on October 5, 2011 at 10:11 PM said...

bisa disebutt pahlawann donkk,..

Obat Alami Darah Tinggi on October 5, 2011 at 10:12 PM said...

patutt diconntoo nichh ma alatt negara,.

Bali Healthy Lifestyles on October 9, 2011 at 11:03 PM said...

indonesia kapan ya.....

obat herbal kanker on October 10, 2011 at 12:10 AM said...

cap jempol buat para penembak ini nih :D
kereen banget..
smoga generasi muda bisa menembak kaya mereka ya,hehehe

Obat Herbal Radang Sendi on October 20, 2011 at 6:04 PM said...

hebat bngt yua perang membela orang bnyak

obat herbal asam urat on October 31, 2011 at 8:30 PM said...

keren keren ya gan..hehehe

jugglingart.org on November 14, 2011 at 8:00 PM said...

Cuma kalo di jaman sekarang snipernya mungkin belum bisa memecahkan rekor-rekor mereka yang hebat. Sebab saat ini gak ada lagi perang yang dahsyat seperti PD II. Dimana semua rekor bisa terjadi.

obat hepatitis c on November 21, 2011 at 11:41 PM said...

ajibbb niiiii

software akuntansi on December 4, 2011 at 8:40 PM said...

Wah keren ya, tp kl dari indonesianya siapa aja ya?

obat penyakit lupus on December 7, 2011 at 8:17 PM said...

waaahhh, pada keren-keren=gagah2 ya..
coba saja Indonesia juga ada..

Alami on December 13, 2011 at 5:56 PM said...

kalo di negara kita siapa ??

Herbal on December 13, 2011 at 5:57 PM said...

orang orang yang hebat sekali

obat alami maag on December 16, 2011 at 6:47 PM said...

indonesia gk termsuk ya ?/
hehehe

pengobatan alami penyakit stroke on December 16, 2011 at 6:48 PM said...

pasti orang2 nya sangat hebat sekali ....

fajri on December 17, 2011 at 10:43 AM said...

memang hal yang paling ditakutkan oleh para tentara di medan perang adalah keberadaan sniper musuh. Bayangan saja 1 orang bisa punya rekor sampai 400 kill hit

obat untuk penyakit stroke on December 18, 2011 at 11:24 PM said...

ada wanita juga ?

pengobatan alami darah tinggi on December 18, 2011 at 11:24 PM said...

hebat tuh wanita.....

hebat banget...

pengobatan alami batu ginjal on December 18, 2011 at 11:28 PM said...

indonesia kok gk termsuk penembak JITu ???

obat alami asma on December 22, 2011 at 12:59 AM said...

sangat hebat ya

Asep Alazhari on January 5, 2012 at 11:09 PM said...

ngeri ya orang-orang itu?

mediashare on January 7, 2012 at 8:38 AM said...

pavliuchenko bukannya penyerang tottenham ya?
hhahahahahahaha

Obat herbal kanker payudara on January 8, 2012 at 7:35 PM said...

wah masternya sniper. mantap.

Obat Tradisional Asam Urat on January 8, 2012 at 11:02 PM said...

udah kaya di film film ajj...

obat herbal penyakit stroke on January 13, 2012 at 2:12 AM said...

wakil dari indonesia siapa kira-kira...

Obat alami xamthoneplus on January 14, 2012 at 7:17 PM said...

Lyudmilla sungguh sangat berani, tdk mau kalah sama pria,,,,patut di acungi jempol nich,,,di negara kita siapa sih yang bs tertls dalam sejarah yang dapat membunuh musuh2 dalm medn pertempuran,,,,,!

indra on April 2, 2012 at 8:49 PM said...

sadis sadis ya... membunuh kok bangga

Berita Parsiajar on August 3, 2012 at 2:51 PM said...

Nice nih..
sayang nggak ada archer dari indonesia

Vj Schndzziz on October 3, 2012 at 5:59 AM said...

hmmm...nice postingan ne gan,,, mirip banget ma cerita ane wkt SMP Dulu :)
kalo lah ada wkt silahkan mampir di gubuk reyod kami y..

Dan jangan lupa untuk berkunjung en comment di blog kecil saya di
Info Bordiran Khas Kawalu Tasikmalaya

Perpanjang WhatsApp Murah on July 31, 2014 at 1:06 AM said...

Orang Indonesia gak ada ya ?

Unknown on September 8, 2014 at 8:22 PM said...

wuahh qolo hati ku yang di tembak pasti kelepek kelepek w nya

sekalian kunjungin tempat kami yaa Raja Poker88

Atasi Saluran Mampet Tanpa Bongkar on November 30, 2014 at 8:01 PM said...

hebat hebat

cara mengobati rematik on January 6, 2015 at 8:09 PM said...

wih keren banget tuh penembak2 nya

cara mengobati sakit lutut on January 12, 2015 at 9:50 PM said...

makasih banyak atas infonya

cara mengobati kesemutan on February 2, 2015 at 11:03 PM said...

infonya sangat menarik

fs88bet.asia on February 4, 2015 at 3:48 PM said...

http://fs88bet.asia Merupakan Agen Bola Terpercaya yang telah lama beroperasi untuk memanjakan para pecinta judi bola di Indonesia yang ingin bermain taruhan judi bola, prediksi bola, jadwal bola, skor pertandingan, cuplikan gol, berita bola,preview pertandingan, wags, bursa taruhan, pasti, menang, jitu, akurat.

Prediksi Bola
Bursa Taruhan
Judi Online
Taruhan Bola
Agen Casino
Bandar Bola

jasa pembuatan aplikasi profesional on November 1, 2022 at 3:48 AM said...

seperti di film-film

Post a Comment

 

Followers

Daftar Grati$$ dapat Duit